MENJAGA KESEHATAN IDENTIK DENGAN MENJAGA KEUANGAN

IMG_20220213_063224.jpg

MENJAGA KESEHATAN IDENTIK DENGAN MENJAGA KEUANGAN
By Siti Suci Winarni

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi semua orang tanpa kecuali, karena tanpa kesehatan yang prima, maka setiap orang akan sulit melaksanakan berbagai aktivitas sehari-hari, dari yang ringan sampai yang berat.

Berdasarkan Undang-undang kesehatan No. 23 tahun 1992 memberikan batasan bahwa: kesehatan adalah keadaan sejahtera badan, jiwa, dan sosial.

Bukan hanya sebuah slogan tentang kesehatan yang ditempel-tempel dalam bentuk poster, reklame, dan himbauan layanan masyarakat di berbagai media, bahwa kesehatan sangat penting bagi setiap orang. Kondisi tubuh yang sehat tentu saja jiwa akan kuat dan pikiran akan jernih. Antara jiwa, raga, dan pikiran bersinergi dengan baik, untuk beraktivitas sesuai peran masing-masing secara maksimal, sehingga memengaruhi produktivitas tinggi.

Kondisi tubuh yang sehat sangat mendukung kita untuk melakukan berbagai kegiatan dan aktivitas tanpa hambatan, Hal ini bukan tanpa upaya, tetapi dengan usaha yang gigih, dengan berbagai cara untuk mendapatkan kondisi kesehatan yang baik secara individu dan masyarakat. Kondisi sehat ditunjukkan pada saat mengonsumsi makanan terasa nikmat, tidur dengan nyenyak, dan tidak ada gangguan seperti ketergantungan terhadap obat-obatan sekecil apa pun atau bahkan tinggal di rumah sakit. Sayangnya banyak orang yang masih menyepelekan pentingnya menjaga kesehatan ini.
Kesehatan begitu mahal harganya hingga beberapa orang menganggap bahwa sehat sama dengan uang. Lalu, alasan apa lagi yang harus mendasari agar kita menghargai kesehatan diri sendiri dan keluarga ?

A. Kondisi sehat dapat mencari uang

Nominal uang bukanlah segalanya, namun faktanya semua gerak langkah membutuhkan uang agar bisa berjalan dengan lancar. Hal ini tidak berlaku pada sehat dan juga sakit. Bagi yang tidak merawat dan menjaga kesehatan. Terkadang kemampuan uang untuk menyembuhkan pun tidak ada gunanya. Walaupun memiliki uang segudang. Tetapi jika sehat, dengan memiliki uang secukupnya saja mampu menikmatinya, syukur-syukur dalam kondisi sehat dengan memiliki uang yang banyak dan berkah, itu harapan setiap orang.

Kita semua harus mampu memaknai, bahwa uang bisa dicari ke mana pun dan kapan pun, sedangkan sehat harus diupayakan agar tetap mampu berkarya. Karena tubuh yang tidak sehat akan sulit melakukan itu semua. Mulai sekarang, mari mengutamakan hidup sehat, dengan menjaga kesehatan fisik dan psikis, tentu dua-duanya harus mendapatkan perhatian yang sama dan seimbang, sehingga mampu mendapatkan kondisi sehat yang seutuhnya.

B. Kondisi tidak sehat menguras waktu dan tenaga

Kesehatan tidak hanya menyita uang saja. Jika sebagian orang kerja keras untuk uang, maka sebagian lainnya mengorbankan waktu dan tenaga untuk bisa mendapatkan kesehatannya kembali dengan berbagai usaha dan upaya tidak kenal menyerah, bahkan mengeluarkan uang seberapa pun bersedia demi yang satu itu yaitu SEHAT.

C. Harapan dan cita-cita yang diimpikan

Harapan bagi orang sehat itu ribuan jumlahnya, sedangkan harapan bagi yang sakit hanya satu, yaitu sehat terlebih dahulu, baru bisa memikirkan harapan dan keinginan lain, yang menjadi obsesi dan cita-citanya.

D. Doa dan Usaha

Setiap orang yang memiliki agama, tentu mampu mendalami tuntunan dan aturan di dalamnya, bahwa setiap kita di samping berusaha dengan keras secara fisik dan psikis, tentu tidak akan lupa untuk selalu berdoa dengan sungguh-sungguh sebagai umat yang memiliki Tuhan tempat mengadu, meminta, dan menghamba. Segala pengharapan dengan usaha keras dan doa yang sungguh-sungguh. Karena segala sesuatu yang terbaik adalah dari-Nya, semoga Alloh SWT selalu melindungi kita dalam setiap jengkal langkah, terjaga pikiran, serta ucapan selalu bermakna …
Salam sehat, sukses, dan berkah … Aamiin Yaa Robbal Aalamiin

SALAM LITERASI, SALAM SEHAT, KUAT, DAN BERKAH MEMBANGUN PERADABAN NEGERI

Subang, 13 Februari 2022
#SSW_SELFREMINDER

(Visited 562 times, 1 visits today)

One thought on “MENJAGA KESEHATAN IDENTIK DENGAN MENJAGA KEUANGAN

Tinggalkan Balasan