MEMBANGUN PROFESIONALITAS GURU MELALUI PENGUASAAN MATERI AJAR

IMG_20220220_084439.jpg

MEMBANGUN PROFESIONALITAS GURU MELALUI PENGUASAAN MATERI AJAR
Siti Suci Winarni

Mengembangkan dan memanfaatkan aspek-aspek kompetensi guru melalui penguasaan materi ajar yang diampunya.

Guru profesional senantiasa menguasai bahan ajar atau materi pelajaran yang akan diajarkan dalam proses kegiatan belajar mengajar, serta senantiasa mengembangkan kemampuan secara berkelanjutan, baik dalam segi ilmu yang dimilikinya maupun pengalaman praktiknya

Terkait substansi materi ajar yang sangat dinamis sesuai laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka pendidik harus mampu berlari mengejar gerak ilmu yang bertambah dan berkembang setiap detiknya. Mengingat kondisi yang demikian, maka begitu pentingnya pengembangan penguasaan materi, konsep, paradigma, dan sebagainya harus diperhatikan, antara lain melalui pembekalan yang diberikan kepada guru-guru dan calon guru tentunya, agar guru dapat terus menerus mengembangkan diri dalam usaha penguasaan materi.

Alternatif yang bisa dilaksanakan oleh para guru agar bisa menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yaitu dengan upgrading, rajin mengikuti pelatihan berkaitan dengan substansi keilmuan yang diampu, misalnya seminar-seminar dan berbagai pelatihan, saat ini banyak diadakan, di berbagai lembaga terkait. Akses yang luas pada media cetak dan media elektronik juga sangat menguntungkan bagi kita sebagai guru. Selain itu seorang guru harus mau dan memiliki semangat tinggi untuk membaca berbagai ilmu, terutama ilmu murni yang kita ampu dikolaborasi dengan materi pelajaran yang serumpun, serta materi pelajaran lain yang mendukung. Cara yang efektif, efisien, serta murah yaitu dengan membaca beberapa referensi di perpustakaan, maka wawasan semakin luas, dengan demikian harapan untuk menjadi guru yang profesional di seluruh negeri ini akan terwujud … Karena garda terdepan sebagai ujung tombak keberhasilan pendidikan ada di tangan seorang guru, maka dengan berbagai usaha dan upaya tentu ditempuh dalam rangka mewujudkan kondisi pendidikan di negeri ini semakin maju dan berkualitas.

Meskipun sebagian besar guru telah memiliki sertifikat pendidik, studi lanjut ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi guna menambah wawasan keilmuan juga perlu dilakukan. Peluang beasiswa dari berbagai lembaga baik pemerintah maupun non pemerintah bisa dimanfaatkan. Guru yang tidak mau mengembangkan diri dalam penguasaan materi dan konsep keilmuannya pada akhirnya merugikan anak didik, yang artinya tidak memahami profesinya sebagai guru. Untuk itu kita harus sadar bahwa, guru adalah seolah oase yang selalu mengalirkan ilmu-ilmunya siap diserap oleh peserta didik. Sehingga setiap hari peserta didik semangat belajar dengan harapan mendapatkan sesuatu yang bermakna dari diri kita sebagai guru.

Mengembangkan materi pembelajaran yang
diampu secara kreatif pada dasarnya dipengaruhi penguasaan teoretis terhadap pelajaran yang diampunya. Seorang guru akan terkendala mengembangkan materi bahan ajar dalam pembelajaran apabila tidak diimbangi dengan penguasaan teori dan konsep dasar. Penguasaan materi saja belum tentu dapat memberikan dampak positif terhadap peserta didik, apabila guru kurang mampu mengembangkannya dalam pengelolaan pembelajaran, akhirnya akan menghasilkan pembelajaran dan hasil belajar yang stagnan, sehingga tidak mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Penguasaan pengembangan materi bahan ajar baik secara teoretis maupun praktis sangat penting. Termasuk dalam hal ini adalah pemanfaatan metode pembelajaran yang relevan. Kreatifitas guru sangat penting dalam memberikan materi pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat optimal. Usaha-usaha yang bisa dilaksanakan oleh para guru dalam mengembangkan materi misalnya melalui Musyawarah Guru Mata pelajaran secara berkelanjutan, baik di sekolah , maupun di tingkat lebih luas, yang sudah ada di setiap daerah di negeri ini. Kunjungan guru ke perpustakaan sangat perlu digalakkan. Peluang lain yang juga bisa dimanfaatkan adalah terbukanya jendela dunia lewat internet. Hal ini kembali ke individu guru. Bagi guru yang telah merasa puas dengan materi yang dikuasai dan tidak mau mengembangkannya akan semakin ketinggalan, tentu sulit untuk beradaptasi dengan situasi kondisi pendidikan terkini, yaitu bergulirnya program pemerintah yang begitu dinamis, di era global, era 4.0, pembelajaran abad 21 yang serba cepat, berbasis IT.

SELFREMINDER

Guru profesional adalah guru yang mampu melaksanakan tugas jabatannya secara mumpuni, baik secara konseptual maupun aplikatif.

Profesionalisme guru adalah kemampuan guru untuk melakukan tugas pokoknya sebagai pendidik dan pengajar meliputi kemampuan merencanakan, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi.

Guru Profesional adalah guru yang memiliki komponen tertentu sesuai dengan persyaratan yang dituntut oleh profesi keguruan.

Demikian coretan sederhana di pagi ini … Semoga bermanfaat … Salam literasi membangun peradaban negeri … Salam sehat, sukses, dan berkah … Aamiin Yaa Robbal Aalamiin

Subang, Minggu 20 Februari 2022
#SSW_SELFREMINDER

(Visited 237 times, 1 visits today)

3 thoughts on “MEMBANGUN PROFESIONALITAS GURU MELALUI PENGUASAAN MATERI AJAR

Tinggalkan Balasan