MARI MENGENALI POLA PIKIR KITA

IMG_20220110_050914.jpg

MARI MENGENALI POLA PIKIR KITA
By Siti Suci winarni

Setiap individu berbeda-beda pola pikir (mindset)
Pola pikir sangat penting dalam memengaruhi kinerja. Namun, Jika pikiran kita tidak dilatih secara berkala atau bertahap, kita akan mudah memasukkan perkataan orang lain ke dalam pola pikir kita. Jadi tidak memiliki prinsip diri yang kokoh, selalu terpengaruh orang lain, padahal kita ya kita, dia ya dia, tidak bisa sama dan seragam, keseragaman pola pikir atas dasar solidaritas itu sudah tidak sehat, karena tidak berdasarkan pemikiran diri. Tetapi kita sering melakukannya, tentu hal ini perlu kita mulai rekonstruksi ulang, agar tidak kebablasan. Terutama untuk kaum muda, sebagai calon penerus pembangunan, jika tidak memiliki mindset yang bagus, tentu akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Seorang pakar dunia mengatakan bahwa “Melatih pola pikir rata-rata menjadi pola pikir yang hebat sama dengan mengubah postur tubuh yang gemuk menjadi ramping. Jadi, rencanakan dan lakukanlah. Setiap orang memiliki pola pikir yang berbeda-beda. Ada yang pola pikirnya rata-rata saja, dan ada yang hebat. Jika didefinisikan pola pikir adalah pandangan kita akan satu hal. Pola pikir menentukan cara kita melihat diri sendiri, keadaan diri saat ini dan keadaan dunia sekitar. Pola pikir juga akan menentukan cara kita bertindak saat menghadapi tantangan dan juga peluang.

STRATEGI YANG DAPAT KITA LAKUKAN UNTUK MEMBENTUK DAN MENINGKATKAN POLA PIKIR MENJADI SUKSES DAN HEBAT ANTARA LAIN :

A.Mampu mengenali dan memahami pola pikir yang kita miliki

Mengenali dan mempelajari pola pikir kita, bisa juga dikatakan introspeksi diri. Apakah kita sering berpikir ke arah positif atau cenderung negatif. Jika positif, tidak ada masalah, berarti pola pikir kita sudah mengarah kepada kebaikan. Jika negatif, maka kita perlu melakukan penyesuaian dan rekonstruksi ulang, hehehe. Kita harus meningkatkan kesadaran akan kondisi emosional, yaitu : jalan pikiran, perasaan, dan perilaku. Ketiga hal tersebut memiliki kaitan yang sangat erat, dari pikiran akan memengaruhi perasaan, dan akhirnya ikut memengaruhi perilaku kita.

B. Berdialog dengan diri sendiri

Kita pasti pernah atau malah sering berbicara dengan diri sendiri. Inilah yang akan memengaruhi pola pikir. Jika kita berpikir tidak mampu melakukan sesuatu, maka kita akan lemah dan yang terjadi memang kita betul-betul tidak bisa melakukannya. Begitu juga sebaliknya, jika kita memiliki mindset yang kuat dan yakin dengan kekuatan penuh (powerful), maka akan sangat membantu kita dalam menghadapi sekaligus menyelesaikan tantangan hidup dengan sukses. Jika kita berharap sukses, maka mariah kita mulai memberikan motivasi positif kepada diri sendiri sehingga kita benar-benar mendapatkan hasil sesuai harapan.

D. Bersama dengan Orang-Orang baik yang selalu berpikir positif ( positive thinking)

Pola pikir sukses dan hebat adalah selalu hidup di tengah- tengah orang-orang yang baik, memandang hidup dengan positif. Orang-orang tersebut biasanya sudah mencapai kesuksesan yang mereka inginkan, kesuksesan bukan dilihat dari harta kekayaan, jabatan, yang bersifat material dalam hal ini, tapi sukses membangun pola pikir yang hebat. Dapat kita lihat dari perkataan dan perilaku positif mereka, sangat jelas tergambar pada karakter yang menghiasi pola perilakunya. Bisa dikatakan elegan dan indah, karena piawai membawa diri di mana pun mereka berada.Kehadiran mereka akan sangat ditunggu.

4. Berani mencoba OUT OF THE BOX dan mau keluar dari zona nyaman

Untuk menantang kemampuan diri, perlu keluar dari genre dan zona nyaman. Seandainya sukses menjalani tanpa ada konflik batin, perasaan, dan langkah semakin baik berarti dapat dikatakan sukses memiliki pola pikir yang hebat. Terkadang kondisi nyaman selalu melenakan, tapi memang kondisi yang stabil tanpa adanya tantangan lebih menenangkan. Kita harus berhati-hati juga dengan pikiran mendorong kita yang selalu mendorong agar tetap ada di zona nyaman. Karena kemungkinan besar Kita akan stagnan, tidak berkembang menjadi pribadi yang lebih baik dan hebat.

E. Mengubah habit kita

Mengubah habit atau kebiasaan menjadi rutinitas keseharian kita, sangat kuat memengaruhi pola pikir kita . Pikiran kita biasanya menyukai jalan pikiran yang alurnya berulang-ulang, baik atau tidak baik, yang disebut juga dengan habit. Dalam buku karya James. Clear, yang berjudul Atomic Habits, menjelaskan cara untuk menghentikan kebiasaan tidak baik menjadi rutinitas yang baik, membutuhkan proses yang jelas. Mengenai habits, kita juga dapat mempelajari hal ini dalam buku yang berjudul 7 Habits of the Most Highly Effective People. Mari kita mulai searching hunting bacaan yang bermanfaat, khususnya untuk memperbaiki mindset kita. Bukan berarti pola pikir kita belum baik … Tapi meningkatkan agar lebih baik lagi.

F. Melatih berani menghadapi dan mengambil resiko

Kita sering takut terhadap berbagai kemungkinan terjadi setelah kita melangkah. Istilah berani, bukan asal berani tetapi perlu pemikiran matang dalam setiap langkah, dengan berbagai pertimbangan, akhir dari sebuah keputusan itulah menunjukkan pola pikir kita. Pola pikir hebat dan sukses adalah pola pikir yang tidak takut gagal, dengan catatan berangkat dari optimis yang berdasar. Perlu kita garis bawahi, bahwa tidak ada kesuksesan diperoleh hanya dalam waktu sehari. Kegagalan dan kesuksesan tentu silih berganti kita hadapi untuk menjadi pribadi sukses. Jadi secara ideal kesuksesan itu akumulasi dan kristalisasi dari proses panjang sebuah perjuangan… Bukan instan dibuat sekejap jadi … Tidak dan bukan demikian. Sukses itu melewati jalan yang berbeda-beda, dengan berbagai tantangan hingga ke puncak kesuksesan. Kesuksesan itu sendiri sangat luas maknanya.

G. Menerima setiap hasil dari usaha kita

Menerima hasil usaha, baik besar maupun kecil yang kita dapat. Penuh rasa syukur, bahwa itu adalah perolehan yang terbaik dari sekian lama, dan besarnya usaha dengan berbagai perjuangan maka akan membentuk pola pikir yang baik dan kokoh, tidak terjadi tekanan yang berarti, terutama secara internal. Pola pikir yang baik, mampu memanage stress atau kekalutan pikiran yang sangat berpengaruh pada kesehatan mental kita. Pribadi sukses adalah yang lapang dada menerima apa yang terjadi dan mampu melewatinya dengan baik, dan menjadikan sesuatu itu pembelajaran yang sangat berharga. Karena ujung dan muara setiap usaha dan membuahkan hasil itulah yang menjadikan senang, tenang, dan bahagia …Aamiin Yaa Robbal Aalamiin

H. Selalu belajar kapan pun, di mana pun, dan dengan siapa pun

Pribadi yang memiliki pola pikir hebat dan sukses, adalah sosok yang berusaha untuk terus belajar dan menerapkan apa yang dipelajarinya. Kita dapat memulai dengan membaca buku tentang pola pikir, cara mengubah mindset, atau buku-buku yang membuat otak kita bekerja lebih baik, sehingga jalan pikiran kita lancar, yang dilaksanakan dalam setiap langkah dalam menapaki kehidupan semakin baik dan benar, sehingga mampu berkiprah di mana pun kita berada … Diterima dengan baik oleh lingkungan kita, tentunya berusaha memberi manfaat sesuai ilmu yang kita miliki, diterapkan dalam kehidupan nyata sehari-hari hidup di masyarakat.

I. Memiliki sikap santai di samping sikap serius

Kita sering mendengar kata-kata , santai tapi sukses. Betul sekali, kita harus memiliki sisi santai di samping serius. Karena hidup kita perlu irama, tidak selalu kencang dan ngebut, tetapi harus seimbang. Serius itu penting, tetapi sikap santai juga dibutuhkan, tentu tergantung masing- masing pribadi yang mampu memanage … Seandainya kencang terus, berbahaya akan kebablasan, maka harus diselingi santai, tentu pemaknaannya sangat berbeda-beda. Bagi seorang yang workaholic, mungkin tidak cocok, karena sosok ini betul-betul gila kerja, tak mau berhenti bekerja. Hail ini tentu tidak baik juga, karena kita butuh istirahat. Mungkin rekan-rekan masih ada yang workaholic, marilah mulai sekarang mulai menyayangi fisik kita, karena dia punya hak untuk santai dan bersenang-senang … Jangan hanya mengejar ambisi akhirnya lupa diri …hehehe … Salam Literasi, salam sehat, sukses, dan berkah … Aamiin Yaa Alloh Yaa Robbal Aalamiin.

Subang, 22 Januari 2022
#SSW_Miladsuami

(Visited 333 times, 1 visits today)

One thought on “MARI MENGENALI POLA PIKIR KITA

Tinggalkan Balasan