FOTOGRAFI DALAM KEHIDUPAN KITA.

IMG_20200228_180500.jpg

FOTOGRAFI DALAM KEHIDUPAN KITA.
By Siti Suci Winarni

Hidup kita tidak bisa dipisahkan dengan seni. Tentunya mencakup berbagai bidang seni, yang meliputi seni lukis, seni suara, seni tari, seni kriya, seni patung, seni sastra, dan seni fotografi dengan berbagai genrenya. Jadi seni merupakan bagian dalam kehidupan kita. Nah pada tulisan saya ini akan berfokus pada fotografi yang merupakan salah satu jenis karya seni manusia yang sangat dibutuhkan untuk berbagai kepentingan. Fotografi merupakan suatu bentuk seni visual yang tidak bergerak, tetapi mengandung makna yang tinggi .

Berdasarkan beberapa pendapat, opini, argumentasi, pandangan, dan persepsi setiap orang terhadap hasil karya fotografi ini berbeda-beda, tergantung dari sisi mana seseorang melihat dan menilainya. Fotografi juga dapat diaplikasikan ke dalam berbagai bidang seni yang lain. Fotografi dapat didefinisikan sebagai proses melukis/menulis tetapi dengan menggunakan media cahaya. Fotografi sebagai istilah umumnya berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut, yaitu pada media yang peka terhadap cahaya. Sedangkan alat paling populer yang digunakan untuk menangkap cahaya ini disebut KAMERA. Alat ini sangat bervariasi dari bentuk, komponen, serta tingkat resolusinya.

Bidang fotografi mulai digemari masyarakat luas seiring dengan kemajuan teknologi serta tuntutan dunia kerja yang selalu melengkapi bukti fisik berupa hasil jepretan setiap kegiatan. Fotografi ini dulu hanya digunakan untuk mengabadikan momen-momen tertentu yang dianggap sangat penting, ceremonial, dan sangat protokoler, karena orang yang memiliki kamera relatif masih sedikit, disebabkan harga yang mahal sehingga termasuk barang Lux. Pada era digital yang serba canggih saat ini, teknologi telah memudahkan kita untuk memperoleh gambar melalui smartphone yang telah dilengkapi dengan fitur kamera berkualitas, sehingga bidang fotografi tidak hanya dilakukan oleh seorang fotografer andal, tetapi semua orang di era digital ini telah banyak yang menguasai berbagai teknik pengambilan gambar yang menarik dan indah dengan melalui sistem editan yang canggih pula, Sehingga para pengguna smartphone sangat dimanjakan untuk menghasilkan gambar yang indah sesuai yang diinginkan. Fotografi saat ini menjadi popular digandrungi semua kalangan, terutama para remaja, dengan adanya media sosial yang berbasis fotografi seperti instagram, dengan memadukan antara gambar dan gerak, maka dihasilkan karya seni yang sangat komunikatif, menarik, dan edukatif. Hasil karya fotografi ini kemudian diupload ke dalam berbagai media sosial, sehingga menjadikan fotografi sebagai konsumsi masyarakat, tentu tergantung tujuan yang diinginkan oleh pembuat karya, antara lain, dengan tujuan menghibur, penyuluhan dan pelayanan informasi masyarakat diberbagai bidang, serta bidang pendidikan yang mencakup berbagai ranah, bidang literasi yang menjadi program unggulan juga dapat terbantu oleh fotografi ini terutama untuk kegiatan- kegiatan baik pembiasaan maupun berbagai event lomba yang membutuhkan dokumentasi serta infografis yang sangat mendukung.

PERAN DAN MANFAAT FOTOGRAFI DALAM KEHIDUPAN
Fotografi ini berperan penting dalam kehidupan di masyarakat. Fotografi menjadi media yang mampu mengabadikan momen-momen yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, momen kebahagiaan yang dapat diabadikan biasanya pada pesta pernikahan, kebersamaan dengan keluarga, pesta ulang tahun, kelulusan, mudik lebaran dengan tradisi di kampung halaman dan momen kebahagiaan lainnya. Tidak hanya momen kebahagiaan, momen kesedihan juga sering diabadikan dalam peristiwa masyarakat, seperti kematian, kecelakaan, dan momen kesedihan lainnya.

MENGUASAI IPTEK
Coba kita definisikan FOTOGRAFI
adalah seni mencetak gambar dengan menggunakan cahaya. Maksudnya fotografi merupakan sebuah ilmu pengetahuan didukung oleh teknologi IT yang dominan menggunakan unsur cahaya. Peran fotografi dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai ilmu pengetahuan baik berupa teoretis maupun praktis. Kita semua pengguna media sosial tanpa disadari telah mampu memiliki skills berupa fotografi. Ilmu pengetahuan ini dapat dipelajari dengan mencari berbagai referensi di internet tanpa harus belajar secara formal. Fotografi ini menjadi ilmu, tanpa disadari telah memasuki kehidupan masyarakat luas bagi yang mengikuti perkembangan zaman.

MENJELASKAN/MENCERITAKAN SEJARAH
Fotografi berperan sebagai media yang dapat menceritakan dan menjelaskan kronologis sejarah, karena fotografi dapat mengabadikan momen-momen, khususnya momen yang tidak dapat diulang kembali. Sejarah mengandalkan fotografi untuk menceritakan kisah-kisah terdahulu. Selain itu, fotografi juga berperan sebagai fakta atau bukti terhadap sejarah-sejarah kehidupan yang dapat diketahui oleh generasi yang akan datang, dengan cara membaca dan mengamati foto-foto dokumentasi.

SEMAKIN DEKAT DENGAN ALAM
Jika kita menekuni hobi fotografi, tentu kita akan sering liburan dan melakukan hobi ini di alam. Kita akan menjepret objek-objek alam, hal ini akan menjadikan kita lebih intensif berinteraksi dengan alam. Mari kita selalu sadar akan pentingnya pelestarian lingkungan alam yang kita tempati … saling bersinergi tidak mengganggunya. Biarkan tetap lestari sehingga mampu memenuhi kebutuhan yang kita perlukan dan dapat juga dinikmati anak cucu kita yang akan datang, ininjadi menerangkan kelestarian alam … hehe

MENGUBAH KONDISI SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT
Fotografi sering dijadikan sebagai media untuk mengkampanyekan atau mengajak masyarakat dalam kegiatan-kegiatan positif. Membuat foto yang memiliki tema sesuai dengan kampanye tersebut dapat berperan penting dalam perubahan sosial. Misalnya, seseorang yang mengkampanyekan Go Green akan menampilkan foto-foto yang berhubungan dengan lingkungan hijau dan alami serta pemandangan alam yang indah, mampu meningkatkan keterampilan dan keahlian kita dalam mengolah gambar dan foto, nah di sinilah budaya kita semakin canggih, ada lagi foto tentang keberagaman /pluralis di negri kita ini juga akan mudah dikenal dengan media foto, contohnya rumah adat, pakaian adat, tempat2 bersejarah, dan tempat2 ibadah.

MENJADI MEDIA DALAM KOMUNIKASI

Seni fotografi ini diperkenalkan kepada masyarakat melalui berbagai pameran fotografi dalam berbagai tema. Kegiatan pameran fotografi bertujuan untuk memperkenalkan seni fotografi kepada masyarakat.Seiring dengan perkembangan teknologi, pameran fotografi bisa dilakukan melalui media sosial dengan berbagai caption yang menarik. Caption foto berisi penjelasan dan informasi mengenai foto-foto yang dipamerkan. Dengan demikian, fotografi berperan sebagai media informasi melalui gambar atau foto, walaupun tanpa disertai tulisan , foto-foto tersebut mampu berbicara secara runtut tentang peristiwa. Menggunakan berbagai genre foto-foto yang kita hasilkan akan sangat menarik dan indah, sehingga fotografi ini sangat komunikatif, mungkin bagi orang tertentu yang tidak suka membaca akan lebih tertarik kepada foto-foto dan gambar-gambar tersebut.

MATA PENCAHARIAN UNTUK MENDAPATKAN UANG
Jika sudah dikenal, seorang fotografer akan lebih mudah untuk menghasilkan uang. Berbagai teknik dan kreativitas yang dipelajari dapat menghasilkan foto-foto yang bagus, sehingga menarik minat konsumen atau pencinta fotografi untuk menggunakan jasanya. Ada juga seorang yang bagus untuk dijadikan model atau disebut foto genik menjadi popular di media dan kemudian mendapatkan honor atas keahliannya dalam berpose di depan kamera. Seorang fotografer bekerja sebagai fotografer Buku Tahunan Sekolah (BTS), foto prewedding, foto wedding, dan lain sebagainya, bidang fotografi ini akan selalu dan selalu dibutuhkan sehingga sangat menjanjikan karena banyak yang menggunakan keahlian dari seorang fotografer.

MENINGKATKAN DAN MEMBANGUN RASA PERCAYA DIRI
Seseorang yang tidak terbiasa berhadapan dengan kamera akan bersikap malu-malu bahkan tegang untuk berpose bagaikan model. Seiring dengan perkembangan zaman maka fotografi menjadi hobi yang sering dilakukan oleh masyarakat terutama pada sosial media.Banyak orang yang tidak percaya diri di depan kamera menjadi percaya diri. Hal ini merupakan salah satu dari peran fotografi dalam kehidupan, yaitu meningkatkan rasa percaya diri. Kebiasaan selfi hampir dilakukan orang yang punya smartphone, sekadar iseng atau untuk kepentingan khusus dalam lingkungan kerja.

KREATIVITAS MAKIN TINGGI
Berbagai genre teknik fotografi merupakan salah satu cara untuk menghasilkan foto yang bagus dan indah. Namun saat ini masyarakat lebih senang mengeksplorasi sendiri dalam teknik pengambilan gambar tergantung dari selera masing-masing dengan menggabungkan berbagai teknik sehingga hasil karya fotografinya betul-betul unik tidak ada yang menyamai, di sinilah tantangan para fotografer untuk menaklukkan canggihnya teknologi fotografi yang melaju begitu kencang seiring bergulirnya IT yang begitu canggih, dengan demikian, fotografi dapat meningkatkan kreativitas masyarakat. Misalnya, teknik pengambilan gambar yang menggunakan ilustrasi mata dimana seorang model memperagakan menangkap bulan, memegang matahari, kenyataannya jarak bulan dan matahari dengan sang model jauh, memegang ujung tugu monas, menangkap pesawat terbang seperti menangkap capung dan masih banyak kecanggihan fotografi di era digital saat ini, ada yang sangat menarik yaitu bidang editan pada wajah manusia. Tidak heran lagi di era digital ini nenek-nenek dalam sekejap jadi muda belia bak gadis usia 17 tahun, dan masih banyak lagi yang dapat kita lihat manfaat dari fotografi ini. Marilah kita nikmati perkembangan zaman ini, janganlah kita merasa alergi, dengan adanya teknik fotografi semakin canggih ini akan menghasilkan karya-karya menarik dan spektakuler

MEDIA EKSPRESI DIRI
Sangat bagus dan positif bidang fotografi ini menjadi media ekspresi diri, dimana masyarakat yang menggunakan smartphone lebih mudah mengambil gambar dirinya sendiri atau sering dikenal dengan nama selfie. Seseorang akan menyalurkan ekspresi dirinya di media sosial agar menarik simpati orang-orang. Misalnya, seseorang yang sedang sedih akan berfoto dengan ekspresi wajah yang sedih dan didukung dengan keterangan atau caption yang sedih, orang yang bahagia berekspresi dengan senyuman, dan lain sebagainya.

FOTOGRAFI SEBAGAI AJANG PROMOSI USAHA contohnya usaha di bidang kuliner, dengan menyajikan foto-foto minuman dan makanan yang menarik akan mengundang selera bagi para pembeli.  Ini termasuk pada genre Food Photography, dengan penataan item menu masakan dan tata cahaya yang bagus, maka makanan yang disajikan dalam foto sangat  berpengaruh terhadap rasa penasaran calon pembeli untuk mencoba berbagai menu masakan dan minuman yang ditawarkan dengan media fotografi tersebut, begitu juga promosi di berbagai bidang usaha yang lain.

Demikianlah sekelumit paparan tentang peran dan manfaat dari fotografi dalam kehidupan sehari-hari terkait kehidupan kita di masyarakat, semoga bisa menambah pengetahuan serta wawasan dalam menggali ilmu fotografi. Jika mau tahu banyak tentang fotografi harus rajin membaca referensi tentunya, dan bagi kita yang baru belajar fotografi tentu perlu tahu tentang cara kerja kamera yang akan kita gunakan. Fotografi ini tidak harus memakai kamera DSLR tetapi dengan smartphone juga bisa, saat ini sudah canggih karena sudah dilengkapi dengan aplikasi dan fitur2 yang lengkap.

Selamat hunting objek semoga bahagia dengan menekuni bidang fotografi … SALAM SEHAT, SUKSES DAN BERKAH … AAMIIN YAA ROBBAL AALAMIIN …. SALAM LITERASI 👆👆

Subang, 7 Mei 2022
#SSW_fotokufotomufotogenik🐱

(Visited 264 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan