SINTA NAESYALENA_5M_SMPN 1 TANJUNGSIANG

IMG_20210423_195013_396.jpg

5M

Matahari terbit dari sebelah timur, terdengar suara ayam yang sedang berkokok, burung-burung berkicau,bunga-bunga bermekaran.
“Kring,kring,kring.” terdengar suara jam beker berbunyi menandakan pukul 05.00 WIB.
Seorang gadis pun terbangun dari tidurnya,dan langsung menyambut pagi hari dengan semangat.
“Selamat pagi dunia……”teriak seorang gadis menyapa indahnya pagi hari,sambil membuka jendela kamarnya.
Tak lama ibu memanggil putri untuk bersiap untuk mandi.Putri pun bergegas membereskan tempat tidurnya dan berlari menuju kamar mandi. Lima belas menit berlalu Putri pun keluar dari kamar mandi dan berjalan menuju kamar untuk memakai seragam sekolahnya.
Setelah memakai seragam sekolah, Putri mengecek kembali PR yang dikerjakan semalam,tak lupa Putri juga mengecek buku-buku mata pelajaran yang akan dibawa hari ini.
Setelah mengecek PR dan buku pelajaran, Putri pun berjalan menuju ruang makan untuk sarapan bersama ayah dan ibunya.
“Selamat pagi ayah, ibu!” Sapa putri kepada ayah dan ibunya.
“Pagii Putri,” jawab kompak ayah dan ibu.
Ibu pun memberikan sepiring nasi goreng kepada ayah dan Putri.
“Hmmm… emang paling juara ya, masakan ibu ngalahin chef-chef terkenal, nggak ada yang bisa ngalahin masakan ibu,” puji Putri sambil mengacungkan dua jempol kepada ibunya.
“Ya pasti dong, masakan ibu gitu loh!” Ucap ayah ikut memuji ibu.
Mereka pun melanjutkan sarapannya. Setelah selesai sarapan ayah dan Putri berpamitan kepada ibu.
“Ibu,ayah pergi kerja dulu ya, doakan semoga ayah kerjanya lancar,” ucap ayah sambil mengenakan sepatu dan jas.
“Amiin…,” ucap ibu sambil mencium tangan ayah.
“Ibu, Putri juga pamit pergi sekolah, ya!” ucap putri sambil mencium tangan ibu.
“Iya Putri,yang rajin ya, belajarnya!” ucap ibu sambil mengelus kepala Putri.
Ayah dan Putri pun pergi. Selama di perjalanan,Putri banyak bercerita kepada ayahnya tentang pengalamannya saat di sekolah.
Saat di tengah-tengah Putri bercerita, Ayah menghidupkan radio.
“Selamat pagi saudara-saudara, bagaimana kabar Anda hari ini? Semoga sehat selalu yaa, Amiin. Hari ini saya akan menyampaikan informasi,bahwa virus yang katanya tidak akan menyebar di negara kita, yaitu virus Covid -19.Ternyata, Virus Covid-19 sudah tersebar di Indonesia. Jadi Anda harus berhati-hati dan harus harus taati 3M. Anda tahu 3M itu apa?, Ya benar, 3M singkatan dari memakai masker,mencuci tangan, menjaga jarak,menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Mari kita taati protocol kesehatan ini agar kita terhindar dari terpapar virus ini. Terima kasih, selamat pagi dan.. sampai jumpa!”Pungkas penyiar dengan suara merdunya.
Ayah pun berhenti sebentar di pinggir jalan,dan ayah memberikan masker kepada Putri.
“Putri kamu pakai masker ini dan bawa handsanitizer nya ,agar kamu tidak tertular virus itu!” ucap ayah sambil memberikan masker dan handsanitizer kepada Putri.
Putri pun mengangguk dan menuruti perintah dari ayahnya. Setelah itu ayah melanjutkan perjalanan menuju sekolah. Sesampai di sekolah, Putri pun berpamitan kepada ayah dan turun dari mobil lalu berjalan menuju kelas.
Putri tiba di runag kelas, mengambil tempat duduk.Tiba-tiba Susi sahabatnya Putri datang dan menyapa Putri.
“Hai Put,kok muka kamu lesu gitu sih? Gak kayak biasanya yang selalu ceria setiap saat?” tanya Susi sambil senyum-senyum.
“Hmmm…,gini ya Sus, tadi aku mendengar informasi di radio ada virus baru namanya virus Covid-19. Katanya pula, sudah tersebar di Indonesia,” ucap sedih Putri.
Susi kaget mendengarnya. Ia baru tahu karena semalam tidak menonton berita TV juga mematikan gawainya. Tak lama bel pelajaran pertama pun berbunyi ,kring……”.Ketua Kelas memimpin berdoa. Wali kelas masuk ke kelas.
“Assalamualaikum! anak-anak, apa kabar?” Sapa Bu Lilis.
“Waalaikumsalam, Alhamdulillah sehat, Bu!” Jawab kompak seluruh.
“Baik, hari ini ibu akan menyampaikan pengumuman bahwa virus Covid-19 sudah tersebar di Indonesia, maka kalian akan belajar di rumah selama 2 Minggu. Sekarang tidak ada pembelajaran kalian harus langsung pulang ke rumah, jangan keluyuran dulu, dan taati protocol kesehatan.”Kata Bu Lilis.
“Putri, kamu tahu apa itu 5M?” Putri terkejut mendapat pertanyaan tak terduga dari Bu Guru.
Putri berpikir sejenak, “Iya, Bu. 5M itu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas atau bepergian, BU!” Tandas Putri dengan lantang. Putri beruntung karena mendengarkan penjelasan di radio tadi.
Semua siswa sangat antusias mendengar kata “libur”,tapi tidak dengan Putri dia berpikir bagaimana kedepannya nanti, apakah akan diperpanjang atau hanya dua minggu mereka libur.
***
Dua minggu sudah berlalu, tetapi sekolah belum juga dibuka,malah makin diperpanjang sampai tahun 2021. Dari tahun 2020-2021 semua siswa/siswi dari TK, SD, SMP, SMA/SMK sampai perguruan tinggi/Kuliah melakukan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) atau bisa disebut juga daring.
***
Suatu hari,di grup kelas semua siswa bertanya kepada guru kapan masuk sekolah? Mereka sudah bosan berdiam diri di rumah,mereka rindu tatap muka dengan teman-teman dan guru-guru.Putri selalu sedih kapan sekolah bisa dibuka kembali seperti dulu. Apalagi sebentar lagi bulan Ramadhan akan tiba.
***
Hari ini, hari pertama Putri sahur, Putri sedih saur pertamanya tidak ditemani oleh nenek, kakek, Sepupu-sepupu dan saudara yang ain, biasanya keluarga besar Putri selalu berkumpul di rumah Putri untuk sahur pertama.
“Hmm.. ibu, ayah, sedih ya, sahur kali ini cuman bertiga. Biasanya nenek, kakek, dan yang lainya ada di sini,saur bersama dengan kita,” ucap Putri dengan muka Sedih.
“Ya Put, bagaimana lagi Ramadhan taun ini mereka tidak bisa berkumpul bersama karena sedang di lockdown,” ucap ibu sambil menyiapkan makan untuk sahur.
Mereka pun Sahurbertiga. Usai saur, mereka duduk di ruang tamu menunggu imsak dan adzan Subuh. Adzan Subuh pun berkumandang mereka pun mengambil wudhu dan Shalat Subuh berjamaah.
***
Sore hari pun tiba. Teman-teman mengajak Putri ngabuburit , Putri pun Ingin Ikut, tapi Putri meminta izin dulu kepada ibunya dan ibunya pun mengizinkannya asalkan putri dan teman-temannya mematuhi protokol kesehatan 5M..
Puri dan teman-temannya membeli takjil untuk mereka berbuka puasa nanti. Usai membeli takjil Putri Pun berjalan-jalan di sekitar taman sebentar bersama teman-temanya sambil menunggu adzan Maghrib.
Sebentar lagi Adzan magrib berkumandang, Putri dan teman temannya bergegas pulang ke rumah. Di rumah mereka berbuka bersama, Sholat magrib dan solat tarawih berjamaah.
***
Satu bulan puasa. Hari yang ditunggu tuggu pun tiba, Idul Fitri. Putri bersama ayah dan ibunya pergi ke masjid terdekat untuk melaksanakan sholat Idul Fitri. Di sana sungguh ramai tetapi tetap mereka harus mematuhi protocol kesehatan. Setelah mencuci tangan pakai sabun, mereka masuk ke dalam masjid,
Usai Sholat Idul Fitri, Putri bersama ayah dan ibunya pun pulang ke rumah. Sesampainya di rumah mereka bermaaf maafan. Putri pun meminta ibu untuk melskuksn video call bersama saudara – saudaranya, Sedih. Mereka tidak datang ke rumah Putri dan merayakan Idul Fitri bersamanya. Putri hanya bisa berdoa agar virus ini cepat hilang dari dunia dan kehidupan normal kembali.

(Visited 7 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan