CARA MEMBUAT BUKU DARI HASIL PTK

WhatsApp-Image-2020-06-05-at-13.23.28-1.jpeg

CARA MEMBUAT BUKU DARI HASIL PTK

RESUME TUGAS  KE 2

Hari ke-2 belajar menulis gelombang 12 bersama Om Jay  adalah tentang Menerbitkan buku dari hasil Penelitian Kelas (PTK). Materi ini disampaikan oleh Ibu Hati Nurahayu.S.Pd. Pegiat literasi ini memiliki banyak prestasi. Lahir di Bandung 1Agustus 1980. Mengajar di SMP Al-Amanah Dayeuhkolot Kabupaten Bandung, SMP SMA Karakter Usman bin Affan Anjarsari Kabupaten Bandung dan CEO Tara Akbar. Selain menjadi guru IPA yang saat ini sudah 17 tahun dijalaninya juga aktif di TBM Saung Literasi Hati. WAG Literasi Patungan buku dan penerbit Tara Akbar. Guru IPA yang murah senyum ini sudah banyak menerbitkan buku dan banyak penghargaan yang diperloleh. Prestasi yang sudah diaraih diantaranya Anugrah Widya Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung dari Bupati Bandung sebagai guru penggerak Indonesia maju 2019. Anugrah  Winaya Kabupaten Bandung sebagai guru berprestasi 2017. Peraih karya terbaik Desiminasi Literasi Nasional Kemdikbud 2017.

                                                                                      

 Pembawaannya yang lincah menulis ini membuat pembacanya tertarik untuk menyimak. Kenapa membaca? karena materi ini disampaikan melalui online WhatsApp. Semula saya berpikir apa bisa PTK bisa dibuat buku ber ISBN? ternyata dalam pelatihan ini terjawab dengan memuaskan.

Ibu Editor yang handal ini membagi ilmu dan pengalamannya dalam berkarya mengubah PTK menjadi buku.sudah banyak buku-buku yang diedit pegiat literasi ini yang materinya diambil dari PTK. Untuk membuat buku ber ISBN dari hasil PTK ini butuh kesungguhan, jangan menyerah. Ibu Hati memberikan cara bagaimana PTK ini dibuat buku supaya orang-oarang mau membacanya, terutama para guru, yang wajib bisa membuat PTK jika mau naik golongan. Cara yang mudah untuk mengubah hasil PTKmenjadi buku yaitu:

  1. merubah judul

2.membuat kata pengantar
3.membuat daftar isi
4.membagi bagian-bagian buku

Kemudian  untuk mengubah PTK menjadi buku yang  harus dikerjakan adalah memperbanyak isi materi variabel bebas dari kata kunci judul buku atau lebih memperluas isi bacaan.

Seoarang penulis  harus banyak membaca PTK  karya orang lain, sebagai bahan referensi. .

Yuk kita cobamembuat buku ber ISBN dari hasil PTK kita…

(Visited 36 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan