Surat dari Ketua Lisangbihwa

foto-arum.jpeg

Assalamualaikum w.w.
Bapak ibu guru hebat dan literat, terima kasih atas kunjungannya ke web lisangbihwa.com Ini media pendidikan untuk kita berbagi ilmu dan unjuk karya. Adalah pilihan yang tepat, ketika bapak ibu memilih untuk bergabung berkontribusi mengirimkan karya tulisnya di web ini. Sebagai wujud aksi nyata dalam pengembangan dunia pendidikan.

Kita mengenal tokoh orang-orang hebat di Jawa Barat, di Indonesia, bahkan kita mengenal dan terkagum kagum dengan tokoh orang hebat di dunia. Sampai-sampai kita merasa bangga dengan kehebatan kita telah berkiprah jauh ke luar negeri.

Bapak ibu guru yang hebat dan literat, tanpa kita sadari, bahwa di Subang pun banyak potensi guru hebat. Namun, kehebatan kita tidaklah bermakna jika tidak berdampak kepada murid. Mengutip pernyataan Mas Nadiem (Mendikbud), bahwa “Guru yang baik adalah guru yang mau belajar dan guru yang percaya dengan potensi muridnya”.

Pernyataan ini adalah landasan yang kuat untuk memetaka diri kita. Siapa kita? Sudahkah kita menjadi guru yang baik? Masihkah kita berpangku tangan melihat kondisi budaya positip di lingkungan sekolah yang sejak pandemi bagai mati suri? Dibutuhkan gerakan yang masiv. Mulai dari sekarang, tidak lagi beralasan nanti jika pandemi berakhir.

Sekencang apa pun kita berteriak “Ayo, tingkatkan budaya literasi di Kabupaten Subaaaang …!” Tanpa aksi nyata yang berdampak kepada murid, maka teriakan itu bulsyit belaka. Ayo mulai dari diri, kita berbenah untuk kembali menggerakkan semangat murid-murid kita untuk terus berkarya.

Setahun bukan waktu yang sebentar, ratusan hari mereka menanti untuk kembali belajar dengan nyaman. Mereka rindu dengan publikasi karya, mereka menanti tangan tangan kokoh dan lembut dari bapak ibu guru hebat yang siap mengambil tantangan di kegiatan ODOP challenge ini.

Saat ini komunitas Lisangbihwa sedang menggelar  kegiatan “ODOP Challenge Lisangbihwa”. Kegiatan untuk guru-guru hebat yang berani mengambil tantangan membimbing siswanya menulis “satu hari satu halaman” atau “One Day One Page” dalam waktu 20 hari, untuk siswa tingkat SMP di Kabupaten Subang.

Kegiatan ini direkomendasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang. Bekerja sama  dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dan Forum Kepala Sekolah Swasta. Digelar dalam rangka memperinganti Hari Pendidikan Nasional.

Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ODOP Challenge Lisangbihwa ini, budaya literasi di Kabupaten Subang semakin tumbuh kembang, menjadikan insan literat pada kalangan pendidik dan peserta didik.

Mohon maaf jika banyak kekurangan dalam penyelenggraannya. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi perbaikan kegiatan di masa yang akan datang. Kesempurnaan hanya milik Allah, kekurangan hanya pada diri kami semata.

Wassalamualaikum w.w.

 

Ketua Komunitas Lisangbihwa
Arum Handayani.

 

(Visited 40 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan