Serasi dengan Tutup Botol Bekas

WhatsApp Image 2023-08-22 at 07.32.55

‘Serasi’ Selasa Literasi. Demikian SDN Karanganyar mengemas kegiatan pembiasaan literasi setiap hari Selasa. Kita sudah sepakat bahwa literasi bukan hanya sekadar membaca atau menulis. Literasi adalah kemampuan individu untuk menggunakan segenap potensi dan skill yang dimiliki dalam hidupnya.

Bagi sebagian orang kegiatan membaca adalah hal yang membosankan. Terlebih jika buku atau teks yang dibacanya tidak sesuai dengan selera si pembaca. Rata-rata orang dapat bertahan membaca dalam 15 menit pertama.  Setelah itu konsentrasi sudah mulai pudar, tidak mengherankan jika akhirnya budaya membaca sulit untuk dikembangkan.

Bagaimana meningkatkan minat baca siswa untuk menciptakan budaya positif di sekolah?  Mira Anggraeni, S.Pd. adalah sosok guru di SDN Karanganyar yang mampu membuat suasana pembiasaan literasi menjadi lebih menyenangkan. Guru yang masih berstatus honorer ini membuat media baca dengan menggunakan bahan-bahan bekas yang ada di sekitar sekolah. Bahan yang digunakan yakni kardus bekas dan tutup botol bekas. Benda-benda tersebut dibuat hingga membentuk sebuah kotak yang dinamakan ‘Tutup Botol Pintar’.

Cara penggunaanya sangat mudah dan menyenangkan.  Dengan tambahan  alat berupa kotak dadu dan karet gelang, siswa mempraktikkan alat tersebut dengan suka cita. Pertama kotak dadu dilemparkan hingga muncul angka. Setelah angka itu muncul, karet gelang ditempelkan ke tutup botol yang ada pada dus sesuai dengan perolehan angka. Sebelumnya tutup botol tersebut sudah  tertulis huruf alphabet. Kemudian siswa menyebutkan huruf-huruf yang ada pada karet gelang.

Media baca ini cocok digunakan untuk siswa kelas bawah. Namun, siswa kelas atas pun dapat mengunakan alat ini tentunya dengan memodivikasi tulisan yang ada pada tutup botol tersebut. Melalui media baca ini kegiatan pembiasaan literasi menjadi lebih menyenangkan dan dapat meningkatkan  minat baca siswa.

Saya sebagai kepala sekolah sangat bangga memiliki guru yang selalu berinovasi dalam pembelajaran. Status guru bukanlah syarat untuk berkreasi, namun inisiatif dan dedikasi yang tulus yang akan mewujudkan pendidikan lebih bermutu. Terus melaju untuk Indonesia maju.

 

 

(Visited 187 times, 1 visits today)

2 thoughts on “Serasi dengan Tutup Botol Bekas

  1. Sungguh sangat menginspirasi, semoga dengan banyak ide cemerlang dapat membangunkan kembali semangat literasi. Menunjukkan bahwa hal besar bisa berubah bisa berasal dari hal terkecil.

Tinggalkan Balasan