Menimba Ilmu dari Seorang Guru Bloger

Resume Kuliah Menulis Online pertemuan ke-6

Hari / Tanggal   : Jumat, 12 Juni 2020
Pukul                 : 19.00 s.d 21.00
Pemateri            ; Bapak Bambang Purwanto
Materi                : Kisah Guru Ngeblog di WordPress

Kuliah pertemuan hari ini diawali dengan memperkenalkan pigur beliau oleh OmJay, lalu kelas dibuka oleh moderator Ibu Fatimah dan dilanjutkan dengan perkenalan langsung oleh Pak Bambang Purwanto. Sebelum meresume materi yang disampaikan beliau izinkan saya rasa salut saya kepada beliau yang meminta izin untuk melaksanakan kewajiban beliau terhadap Sang pencipta yaitu Allah swt. Padahal tanpa izin pun sebetulnya di kelas ini kita tidak bertatap muka jadi kita tidak tahu beliau ada atau tidak secara kasat mata. Tetapi beliau tetap melakukannya seolah-olah kita peserta berada di hadapan beliau. Terima kasih atas penghargaannya pak.

Materi diawali dengan memperkenalkan diri beliau mulai lahir sampai sekarang, bahwa beliau dulunya pemalu katanya (bukan pemakan melulu kan pak?) Beliau menceritakan perjalanan karirnya yang dimulai dari sebagai pegawai di kantor konsultan kemudian kuliah dan mengajar. Selain mengajar beliau pun pendongeng keliling (entah keliling kampung atau keliling radio, atau bahkan keliling dunia) tetapi semua beliau lakukan dengan sepenuh hati.

Sebagai pendongeng tentulah beliau pun punya tanggung jawab moral terhadap keberlangsungan kegiatan tersebut dan mulailah ngeblog. Karena sebagai pendongeng tentu harus memiliki referensi yang sangat banyak supaya dongeng kita tidak monoton dan selalu berkembang. Maka dimulailah nge-Blog.

Selain pendongeng beliau pun sebagai pegiat literasi baik di sekolah tempatnya mengajar ataupun di tempat tinggalnya. Bahkan  dari kegiatan tersebut sampai sekolahnya mendapatkan prestasi tertinggi dan mendapatkan berbagai anugrah. Kenapa pendongeng harus nge-Blog? alasan yang dikemukakan beliau sungguh bisa dipahami yaitu:
1. malu sebagai guru TIK yaitu latar belakang pendidikan beliau.
2. malu sebagai pegiat literasi
3. berbagi pengalaman
4. menyimpan tulisan sepanjang zaman
5. menghasilkan rupiah.
Sungguh dapat dipahami bukan?

Adapun menurut beliau isi dari blog itu bisa meliputi:
a. tulisan yang disukai baik oleh diri sendiri maupun oleh orang lain. Modal dasarnya adalah disukai diri sendiri. Alasannya adalah kalau kita suka dengan yang ditulis tentunya ide akan mengalir menganak sungai dan tentunya orang lain pun akan dengan senang hati membacanya.
b. membantu orang lain, baik itu berupa ide, pesan ataupun gagasan. Dengan memudahkan orang lain tentunya itu merupakan suatu ibadah yang pahalanya akan mengalir tanpa kita rasakan.

Manfaat langsung yang dirasakan dari ngeblog adalah beliau bisa mengaplikasikan ilmunya dengan cara melaksanakan kegiatan-kegiatan pembelajaran untuk orang banyak. Selain ilmu beliau bertambah maka keterampilan orang lain pun bertambah serta bertebarannya sahabat dari seantero Indonesia.

Sesi selanjutnya adalah sesi tanya jawab dan bisa saya simpulkan:
1. Menulislah dari hati sehingga memperlancar ide dan perlihatkan dalam berbagai cara.
2. Menulis itu perlu disiplin yang tinggi.
3. Menulis itu harus terus menerus artinya terus berlatih supaya terus terasah keterampilannya.
4. Menulis itu harus percaya diri dan kembangkan secara maksimal.
Demikian resume kuliah malam ini yang bisa saya pahami. Semoga saya bisa mengaplikasikan ilmu dari pak Bambang dalam kehidupan sehari-hari. Terima kasih

Ai Sumartini Dewi
Guru SMP Negeri 1 Cibogo Subang
FB : Ai Smart Dhewi
IG  : ai_sumartini_dewi
Email : dhewiaris@gmail.com
Blog  : Dhewi’s blogspot.com

(Visited 28 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan