Dampak Signal dalam Literasi di Era Kenormalan Baru

Dampak Signal dalam Literasi di Era Kenormalan Baru

Dampak adalah akibat dari suatu kejadian. Dampak dalam makna harfiah istilah dampak tentu mempunyai makna yang luas. Bisa  mempunyai makna  nilai konotasi cenderung negatif walaupun sering kita mendengar istilah dampak baik dan dampak buruk. Namun dalam hal ini penulis cenderung ke konotasi yang negatif.

Dalam dunia virtual istilah signal sudah tidak terasa sing lagi. Signal dalam hal ini mempunyai makna jaringan yang dimiliki oleh suatu provider. Keberadaan signal sangatlah penting dalam komunikasi di era sekarang ini yang komunikasi dengan sesama lebih sering menggunakan gadget.

Peranan jaringan dalam literasi sungguh sangat besar karena dalam beberapa kesempatan kita tidak bisa menerima pesan seseorang terhadap yang lainnya hanya karena jaringan yang sedang terganggu. Literasi dalam hal ini bukan hanya diartikan sebagai kegiatan membaca tetapi juga mampukah kita menerima pesan yang disampaikan oleh orang lain dengan baik, dan apakah kita bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari- hari dalam perilaku kita.Misalnya pengirim pesan menuliskan pesannya hari ini tetapi karena jaringannya terganggu sehingga pesannya akan diterima sehari kemudia. Hal itulah yang bisa menimbukan miskomunikasi atau mispersepsi antara satu dan yang lainnya.

Tidak dapat kita pungkiri saat ini kita sedang dihadapkan dengan wabah pandemi covid-19. Hal ini dapat menimbulkan berbagai persoalan di berbagai kalangan termasuk masyarakat bahasa. Siapa masyarakat bahasa? Ya kita sendiri sebagai pemakai bahasa. Komunikasi jadi tidak berjalan sebagai mana mestinya dikarenakan dalam keprotokolan covid antara pemakan bahasa tidak boleh bertatap muka atau berkomunikasi langsung. Kita sebagai pemakai bahasa dianjurkan untuk berkomunikasi secara virtual ataupun menggunakan aturan pemerintah yaitu menggunakan masker. Nah hal ini tentulah sangat mengganggu. Kenapa? karena tidak semua komunikasi dapat disampaikan secara virtual dan tidak semua pesan bisa disampaikan di dalam masker.

Berbagai kendala dihadapi dalam masa ini. Salah satunya adalah pengaruh jaringan provider yang digunakan pemakai bahasa. Dalam masa kenormalan baru banyak kegiatan yang dilakukan secara virtual. Kegiatan itu sangatlah bagus tetapi kadang situasi atau jaringan yang terjadi sungguh sering di luar prediksi kita. Misalnya kita sedang mengikuti kegiatan webinar dengan salah satu lembaga, sedang asyik mendengarkan tiba-tiba signal atau jaringan terputus. Sehingga kegiatan sebagus apapun tentunya tidak dapat dinikmati dengan baik dan hasil yang kita peroleh pun tidak utuh diterima oleh kita.

Demikian merupakan salah satu contoh kegiatan yang dipengaruhi oleh keberadaan signal atau jaringan dan masih banyak lagi dampak-dampaknya yang kita rasakan. Sungguh di masa ini kehidupan kita dipengaruhi oleh keberadaan jaringan ataupun signal. Semoga di masa kenormalan baru ini semua pihak saling bersinergi untuk membangun komunikasi dan mencapai hasil yang baik.

Ai Sumartini Dewi
Guru SMPN 1 Cibogo
FB   : Ai Smart Dhewi
IG    : ai_sumartini_dewi
Email: dhewiaris@gmail.com
Blog : Dhewi’s blogspot.com

(Visited 3 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan