Balada Pergerakan Literasi Ibu Emi Sudarwati

Selasa, 09 Juni 2020

Resume Kuliah Menulis Pertemuan ke-4

Balada Pergerakan Literasi Bersama Ibu Emi Sudarwati
Hari/ Tanggal      : Senin, 8 Juni 2020
Waktu                  : Pukul 19.00 s.d 21.00
Materi                  : Pengalaman Menerbitkan Buku
Pemateri               : Ibu Emi Sudarwati ( Pemenang 1 Inobel  dan Penulis )

Kuliah Menulis onlien malam ini adalah menceritakan perjalanan inspiratif seorang penulis yang bernama Ibu Emi Sudarwati. Beliau mengisahkan perjalanan menulisnya mulai dari pemula hingga menjadi penulis hebat. Beliau menulis bukan hanya  berkarya untuk diri sendiri melainkan mampu menggali kemampuan yang terpendam dari para muridnya untuk berkarya.

Beliau berusaha untuk menerbitkan karya siswa siswinya menjadi buku. Ini bukan perkara mudah. Beliau tentunya jungkir balik untuk mendorong siswa berkarya dengan baik. Bukan tidak mungkin beliau pun lobi ke berbagai pihak agar buku yang diterbitkan bersama siswanya dapat diterima oleh pembaca. Pembaca dimaksud adalah yang berada di sekitar wilayahnya maupun menyebar ke penjuru daerah.

Betul kata pepatah, usaha tidak akan menghianati hasil. Begitu pun dengan usaha beliau dalam bidang menulis dan menerbitkan buku. Dengan berbagai pengalaman, beliau mampu menulis dan menerbitkan banyak buku serta memasarkannya ke berbagai daerah. Beliau pun mulai memetik hasilnya dengan baik. Salah satu diantaranya adalah menularkan virus menulis ke para siswanya. Hal itu bukan tanpa tantangan tentunya. Tetapi sebagai penulis handal, beliau mampu melewatinya dengan sangat keren.

Buah hasil berikutnya adalah ketika berhasil menjadi pemenang Inobel. Menjadi pemenang inobel tentulah bukan perkara mudah. Saingannya pun tentunya sangat banyak dan beliau pun mampu melewatinya dengan sangat cantik. Semua keberhasilan itu beliau raih dengan kerja keras, ketulusan, dan kesungguhan. Sebagai guru saya sungguh terinspirasi dengan pengalaman beliau dan semoga bisa menerapkannya dalam kehidupan nyata.

Jadi kesimpulan yang bisa saya simak dari kuliah menulis malam ini adalah:
1. Menulislah dengan hati yang tulus, karena dengan niat yang tulus maka menulis menjadi lebih menyenangkan.
2. Bersungguh-sungguhlah dalam melakukan suatu pekerjaan, karena dengan kesungguhan maka hasil yang akan diperoleh akan lebih dari yang kita bayangkan.
3. Kerja keras merupakan modal utama dari suatu pekerjaan.
4. Berbagilah ilmu dengan siapapun, karena ladang ilmu itu tidak akan terhapus oleh waktu.
5. Konsistenlah dalam melakukan sesuatu, dengan konsisten kita akan membuahkan karya.
Demikian hasil simakkan saya malam ini, semoga ada manfaatnya khususnya untuk saya dan umumnya untuk pembaca.

Ai Sunartini Dewi
Guru SMP N 1 Cibogo Kabupaten Subang
FB    : Ai Smart Dhewi
IG     : ai_sumartini_dewi
email: dhewiaris@gmail.com
Blog : Dhewi’s blogspot.com

(Visited 3 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan